Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil Dan Cara Mencegahnya

Sembelit merupakan salah satu masalah yang umum ditemukan pada wanita yang sedang hamil. Dan jika anda sedang hamil maka mengetahui cara mengatasi sembelit saat hamil adalah hal yang perlu dilakukan supaya anda tidak terganggu dengan masalah yang satu ini. Sembelit merupakan kondisi dimana tinja menjadi keras dan tidak teraturnya gerakan usus. Dan saat hamil, janin yang tumbuh membuat tekanan pada usus bagian bawah yang memperburuk masalah sembelit. Bila seorang wanita hamil mengalami sembelit maka tidak bisa begitu saja menkonsumsi obat-obatan yang ditawarkan dengan bebas dipasaran karena bisa saja berbahaya bagi janin. Sebaiknya gunakan pengobatan yang aman tanpa adanya efek samping, tapi daripada mengobati lebih baik kita lakukan tindakan pencegahan supaya tidak mengalami sembelit saat hamil.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

1. Makan makanan yang kaya akan serat

Cara mengatasi sembelit sat hamil yang pertama adalah mengkonsumsi makanan yang kaya serat.  Serat akan menambahkan berat pada tinja dan menghaluskannya sehingga usus kita dapat memproses makanan dengan lancar. Ada banyak sekali jenis makanan yang kaya akan serat yang bisa kita dapatkan dengan mudah mulai dari : buah-buahan segar, sayuran, cereal dan semua jenis padi-padian. Saat mengkonsumsi buah atau sayuran, pastikan mengkonsumsi kulitnya juga (kecuali yang memang tidak bisa dikonsumsi seperti pisang atau jeruk atau lainnya). Kulit buah mengandung banyak serat yang akan membantu memindahkan kotoran lebih mudah, terutama untuk buah-buahan seperti apel dan sayuran seperti wortel.

cara-mengatasi-sembelit-saat-hamil

cara mengatasi sembelit saat hamil

2. Mengkonsumsi cukup cairan 

selain meningkatkan asupan makanan dengan tinggi serat, pastikan pula untuk meningkatkan asupan cairan. Paling tidak kita harus minum 8-10 gelas setiap harinya yang bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, tidak hanya air minum, namun bisa juga didapatkan dari sup atau jus buah atau sumber lainnya. Walaupun demikian pastikan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh karena bisa membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Bila kita kurang cairan, maka kemungkinan untuk tinja menjadi keras sangat mungkin terjadi.. Tentunya ini bukan sesuatu yang kita inginkan, bukan?!. Mengkonsumsi cairan yang cukup setiap harinya tentu bukan sebuah pekerjaan yang sulit selama kita mau melakukannya. Semuanya demi terjaganya kesehatan tubuh dan sekaligus mempermudah proses BAB. Ini akan menjadi salah satu cara mengatasi sembelit saat hamil yang murah dan mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

3. Bahan Alami

Selain memastikan agar tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik melalui asupan cairan yang cukup, kita juga bisa menggunakan beberapa bahan alami lainnya untuk membantu mengatasi sembelit saat hamil. Kita bisa menambahkan jahe untuk mengatasi masalah usus dimana jahe bisa ditambahkan setiap kali kita memasak. Kita juga bisa mengkonsumsi kurma yang akan memfasilitasi gerakan usus dan menjadi salah satu sumber mineral yang dibutuhkan tubuh.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit saat hamil. Semoga dengan cara-cara diatas, sembelit yang anda alami kunjung membaik. Hal ini biasa dialami oleh para ibu hamil, jadi anda tidak perlu panik pastikan konsumsi cairan yang cukup makanan yang berserat.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil Dan Cara Mencegahnya | admin | 4.5